HOME
paranormal dunia banner
Home » Konsultasi » orang pintar » Tak Berkategori » Alamat Orang Pintar Banyumas

Alamat Orang Pintar Banyumas

Posted at Maret 16th, 2018 | Categorised in Konsultasi, orang pintar, Tak Berkategori

Alamat Orang Pintar Banyumas

Apakah anda di landa masalah dan mecari Alamat Orang Pintar Banyumas untuk konsultasi spiritual maupun keghaibpan, silahkan menghubungi kami melalui admin.

Website ini di buat sengaja, untuk dapat membantu masyarakat secara luas dengan dasar bahwa hal ghaib dan spiritual tidaklah terbatas ruang dan waktu, sehingga walaupun jauh sekalipun dapat di layani dan di bantu melalui  jasa spiritual kami.

Alamat Orang Pintar Banyumas

Alamat Orang Pintar Banyumas

Asal Usul Kota Banyumas

Diceritakan, bahwa Adipati Wirasaba yang bernama Wargautama I (satu) memerintah rakyat Kadipaten Wirasaba dengan arif dan bijaksana. Keberhasilan dalam menjalankan pemerintahan membuat rakyat Kadipaten Wirasaba hidup makmur, aman dan damai.

Sepeninggal Raden Wargautama I, kedudukan digantikan oleh menantunya, Raden Bagus Mangun atau Raden Semangun, yang disebut juga Joko Kaiman, Putra Raden Banyaksosro. Raden Mangun disebut Raden Wargautama II (dua).

Adipati Wargautama II membagi tanah Kadipaten Wirasaba menjadi empat bagian untuk diserahkan kepada empat orang putranya. Sejak itu beliau dikenal dengan sebutan Adipati Mrapat artinya adipati yang membagi empat.

Di kemudian hari keempat daerah ini dikenal dengan istilah Catur Tunggal.

Tanah tersebuat di sebelah barat daya Desa Kejawar. Di sana terdapat pepohonan yang bernama pohon tembangan. Warnanya seperti emas.

Dengan berbagai pertimbangan dan saran dari para cerdik pandai, akhirnya Adipati Mrapat memutuskan untuk malaksanakan apa yang diwangsitkan, yaitu membuka hutan.

Berangkatlah Adipati Mrapat dengan rakyatnya yang setia dan siap berjuang membuka daerah permukiman baru. Tidak terhitung berapa lamanya membuka hutan, akhirnya selesai dan kota pun menjelma atau terwujud.

Setelah Adipati Mrapat wafat digantikan putranya secara turun temurun. Berturut turut antara lain R. Ng Mertasure i, R. Ng Mertayuda dan seterusnya.

Cerita kedua menyebutkan bahwa ketika rakyat membangun pusat pemerintah kebetulan ada kayu besar hanyut di Sungai Serayu. Kayu itu bernama pohon “Kayu Mas“.

Kayu itu berasal dari Desa Karangjambu, Kecamatan Kejobong, Kawedan Bukateja, Kabupaten Purbalingga.

Anehnya, kayu itu berhenti tepat di lokasi pembangunan. Adipati Mrapat tersentuh hati melihat kejadian itu. Lalu diambilah kayu tersebut. Kemudian djaikan saka guru Balai Si Panji.

Karena kayu itu bernama kayu mas yang hanyut terbawa arit, maka pusat pemerintahan yang dibangun tadi diberi nama “Banyumas” (air dan kayu mas).

Cerita ketiga adalah bahwa dalam sejarah Toyamas disebutkan bahwa nama Banyumas adalah berhentinya Adipati Mrapat dalam perjalanan mudik dari Wirasaba.

Pada saat itu ia melalui Kali Rukmi atau Kali Mas. Bersama para Nayaka Praja dan Prajuritnya, ia berhenti di pertemuan Sungai Mas dengan sungai yang lain. Disitu Adipati Mrapat membuat psenggrahan yang kemudian diberi nama Banyumas.

Cerita keempat menyebutkan bahwa nama Banyumas berasal dari kata banyu dan emas.

Kata-kata itu diceritakan oleh penduduk daerah tersebut secara bersaut-sautan. Konon sebelum nama Banyumas daerah itu disebut Selarong. Kala itu Selarong kedatangan seorang tamu dengan menunggang kuda. Selama di Selarong, tamu itu bertingkah laku aneh, berbeda dengan adat istiada setempat. Oleh karena itu, penguasa praja mengambil tindakan pengamanan. Tamu dimasukkan dedalam bui atu penjara.

Pada saat itu kota Selarong sedang dilanda kemarau panjang. Sumur-sumur kering. Aliran Sungai Serayu surut. Untuk mendapatkan air sangat susah. Penduduk harus membuat belik-belik di pinggir sungai. Sejak tamu itu dimasukkan ke dalam penjara secara kebetulan tampaklah awan hitam di langit. Lama-kelamaan berubah menjadi mendung. Suasana pun menjadi gelap dan akhirnya turunlah hujan dengan lebatnya.

Bukan main gembiranya penduduk Selarong. “Banyu…Banyu…Banyu…” dan yang lain berteriak kata-kata “Banyu Emas“. Banyu Mas artinya air yang sangat berharga bagaikan emas. Sejak saat itulah kota Selarong berganti nama menjadi Banyumas sampai sekarang.

Sejak kejadian itu, penguasa melepaskan tamu itu dari penjara, dengan pertimbangan keadaan mulai tenang. Setelah dibebaskan tamu itu langsung pergi ke Desa Dawuhan. Di sana ia berguru kepada orang sakti bernama Embah Galagamba atau biasa disebut Ki Glagah Amba. Kedua orang itu tinggal di Padepokan Dawuhan hingga akhir hayatnya. Embah Glagah dan muridnya dimakamkan di Dawuhan.

Incoming search terms:

  • paranormal Banyumas purbalingga

Related Post to Alamat Orang Pintar Banyumas

Jasa-Ritual-Pelet-Melalui-Sarana-Foto

Jasa Ritual Pelet Melalui Sarana Foto

Posted at 29 Mei 2018

Jasa Ritual Pelet Melalui Sarana Foto Jasa Ritual Pelet Melalui Sarana Foto Salah satu pelet yang populer dan unik yaitu pelet lewat foto. Sebuah... Read More

Pengisian-Khodam-Singo-Barong

Pengisian Khodam Singo Barong

Posted at 29 Mei 2018

Pengisian Khodam Singo Barong Pengisian Khodam Singo Barong Orang Pinter.com memberikan bantuan jasa pengisian hodam singo barong, khodam terseburt memiliki manfaat salah satunya untuk... Read More

Alamat-Orang-Pintar-Jakarta-Barat

Alamat Orang Pintar Jakarta Barat

Posted at 28 Mei 2018

Alamat Orang Pintar Jakarta Barat Alamat Orang Pintar Jakarta Barat Apakah anda di landa masalah dan mecari Alamat Orang Pintar Jakarta Barat untuk konsultasi... Read More

Jasa-Pasang-Susuk-Emas

Jasa Pasang Susuk Emas

Posted at 28 Mei 2018

Jasa Pasang Susuk Emas Jasa Pasang Susuk Emas Berkeinginan Memiliki Susuk Emas dan mencari Orang Pinter yang cocok untuk anda melakukan pemasangan Susuk Emas... Read More

Alamat Orang Pintar Banjar

Alamat Orang Pintar Banjar

Posted at 26 Mei 2018

Alamat Orang Pintar Banjar Alamat Orang Pintar Banjar Apakah anda di landa masalah dan mecari Alamat Orang Pintar Banjar untuk konsultasi spiritual maupun keghaibpan,... Read More